Mendagri : Praja IPDN Harus Siap Terjun Ke Masyarakat

By Admin

nusakini.com--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menitipkan pesan kepada seluruh praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di seluruh Indonesia untuk siap terjun dalam hal ini melayani masyarakat. 

“Para praja IPDN harus siap terjun ke masyarakat, menggerakkan dan mengorganisir masyarakat di tempat lingkungan bertugas nanti,” ungkap Mendagri ketika memimpin Apel pagi di IPDN Cilandak, Jakarta, Senin (27/3). 

Mendagri menyebutkan satu kunci untuk mengemban tanggung jawab yakni disiplin. Maka dari itu Mendagri menginstuksikan kepada Rektor dan Wakil Rektor beserta jajaran di IPDN untuk terus membina para praja IPDN. 

“Tunjukkan displin kita, sebagai manusia kita mempunyai kelemahan termasuk saya, termasuk Pak Rektor IPDN , mari kita bersama-sama taklukkan diri kita sendiri,” pesan Tjahjo. 

Praja IPDN harus memiliki rasa hormat dan patuh selama menempuh proses belajar di IPDN. Mendagri menyebutkan dirinya pernah mengeluarkan sebanyak tiga (3) orang praja IPDN yang tidak disiplin. 

“Dengan segala permohonan maaf tapi saya harus lakukan dengan Pak Rektor memberhentikan dengan tidak hormat 3 praja IPDN, yang ia tidak mau disiplin, tidak mau mengikuti perintah apa yang sudah kita tetapkan bersama-sama itu prinsip dasar,” ungkap Tjahjo. 

Mendagri mengatakan fungsi kedalam sebagai aparatur pemerintahan yakni meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sedangkan ke luar yakni memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Maka dari itu Mendagri juga meminta praja IPDN untuk memahami tata kelola pemerintahan serta harus siap untuk melayani masyarakat ketika bertugas nanti.(p/ab)